Sunday, March 29, 2009

KBB # 10 : Caramel Pots with Minted Shortbread Sticks

Kebiasan jelek ampe sekarang nih..bikin tantangannya mefet2 terussss....pdhl udah diingetin klo hostnya ada bumil...tp tetep ajah ga ngaruh nih ..Baru bikin tgl 28 malem, nyampur adonanya lancar, tp pas mo dibentuk adonanaya terlalu lembek, sempet baca imelnya mba emma sih, emang adonannya lembek n mesti dikulkasin dulu, tp krn aku rada males nunggu2, jd tetep ajah aku bentuk, sebelumnya nyoba bentuk fingers tp hasilnya jelek ..ya sud aku ganti bntuknya jd bunga....kekekkkk..kke.e.e...oia, disini batang vanilinya aku ganti pake vanili ekstrak n batang daun mintnya diganti pake essens mint (msh ada sisa esens tantangan bikin timtam dulu..).....

Bikin caramel potnya minggu pagi..dag dig dug pas bikin karamel, secara dulu pernah bikin jdnya gosong....Bikin karamelnya pake api kecillll,lamaaa bgt, koq engga coklat2,..cm kuning keemasan gitu .. Pas digoyang2 udah kentel langsung diangkat dgn penampakan msh kuning keemasan... (salah ga ya ..)...trus dimasukin campuran susu n whc,  trus diaduk, awal2 ngaduk sih rada bergerindil tp tetep diaduk terus , lama2  gerindilnya hilang, trus masukin kuning tlor...pas ngaduk2 koq dibawah ada rasa2 gula yg gula yg msh nempel dipanci yak .... Stlh nyampur rata, langsung deh tuang ke pyrex.. oia aku ga pake ramekin or alu foil tp pake pyrex ..Jadinya 1 pyrex uk sedeng ..heehhee...

Trus panggang pake au bain marie, 1/2 jam berlalu..koq blm set jg ya, msh goyang2 gitu, pas diliat koq caramelnya spt mendidih yak, ada gelembung n warna atasnya jd kecoklatan, apa itu krn foamnya ga aku buang yak..... 1 jam lwat msh blm set jg tp apinya aku matiin, diemin smpe adem...trus kluarin dr oven, udah mulai set..(apa ngsetnya stlh dingin yak )... trus taro deh dikulkas...Siang2 aku liat lg caramelnya, coba icip dikit..wooowww manissss bgt .....coba dicocol sm shortbreadnya..koq aneh yak (apa aku yg norak blm pernah makan beginian..hee..heee)....Akhirnya shortbreadnya dimakan tanpa karamel..hee.hee... trus ampe sekarang karamelnya msh ada dikulkas...td pagi aku coba icip2 ..udah ga terlalu manis sih....

Ini hasil akhirnya

Oia untuk resepnya bisa di intip di http://klubberanibaking.blogspot.com/.....

Akhirnya dapet logo lulus dr ibu host .;;)..

15 comments:

  1. kebiasaan mepet ? hihi sama duungg :">

    ReplyDelete
  2. karamelnya masih nyisa?? kalau aku yang nyisa shortbreadnya:p

    ReplyDelete
  3. Sama dong, mepet.. kasian bumil ya...

    ReplyDelete
  4. shortbreadnya cute banget.....congrats

    ReplyDelete
  5. toss dulu ahh..kekkekek..kebiasaan jelek yg mesti diilangin nih.

    ReplyDelete
  6. heehh..kebalikan sm aku yak..soale karamelnya manissss bgt..:d.

    ReplyDelete
  7. iyah nih senengnya bikin laporan mefet2..maaf ya bumil..:>..

    ReplyDelete
  8. Wuah, dijadiin satu mangkuk trus dicocol bareng-bareng ya makannya.. Kemaren juga kepikiran mau gitu, tapi gag jadi, hhihihi

    ReplyDelete
  9. dijadiin satu krn ga punya ramekin n ga beli alufoil..kiikkikiikkikkk..

    ReplyDelete
  10. makannya dicocol atau caramelnya ditaruh diatas permukaan sofbreadnya bu..

    ReplyDelete
  11. gapapa mepet yg penting ga lewat jadwal tho, hehehehe.....sukses nih hasilnya

    ReplyDelete
  12. mestinya sih gitu makannya..tp krn blm terbiasa, jd ga terlalu suka.

    ReplyDelete
  13. mestinya sih gitu makanya, cm blm terbiasa jd kurang suka.

    ReplyDelete
  14. iyah, cm mesti diilangin nih kebiasaan jeleknya..hee.he..makasih mba.

    ReplyDelete